Sekar Nur Annisa, NIM : 201901611 (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Artikel Sekar Nur Annisa-Safaat Yulianto-Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menggunakan Servqual dan IPA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Sekar Nur Annisa-Safaat Yulianto-Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menggunakan Servqual dan IPA.pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2027.
Download (361kB)
![[thumbnail of Bab 1 annisasn20190161122L-1-17.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 annisasn20190161122L-1-17.pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2027.
Download (370kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka annisasn20190161122L-48-80.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka annisasn20190161122L-48-80.pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2027.
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text Sekar Nur Annisa 201901611L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Full Text Sekar Nur Annisa 201901611L.pdf
Restricted to Registered users only until 26 July 2027.
Download (8MB)
Abstract
Indonesia merupakan negara berkembang dengan minat baca masyarakatnya yang rendah. Data UNESCO menyatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001% yang berarti hanya 1 dari 1000 masyarakat Indonesia yang gemar membaca. Perpustakaan diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan pengembangan minat baca sehingga perpustakaan perlu memiliki kualitas pelayanan yang baik agar masyarakat Indonesia mau berkunjung ke perpustakaan. Pada tahun 2019 jumlah pengunjung perpustakaan di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 17.472 pengunjung kemudian mengalami penurunan sebesar 5.18% pada tahun 2020 menjadi 16.567 pengunjung. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap kepuasan pengunjung Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah untuk melihat apakah terdapat pelayanan yang tidak memuaskan yang menyebabkan sedikitnya pengunjung. Metode yang digunakan adalah Service Quality dan Importance Performance Analysis dengan lima variabel yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai harapan lebih tinggi dari pada nilai persepsi yang berarti pelayanan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah belum memenuhi harapan pengunjung atau pengunjung belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Sehingga terdapat faktor-faktor yang perlu ditingkatkan oleh Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Importance Performance Analysis, Perpustakaan, Service Quality. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:36 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:51 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/10 |