Cahya, Epin Nur and Valentika, Nina and Isnurani and Hasanah, Siti Hadijah (2022) PENERAPAN METODE HUNGARIAN DAN APLIKASI QM UNTUK MEMINIMALISASI KOMPLAIN KEBERSIHAN DARI KLIEN. Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi, 23 (1). pp. 20-32. ISSN 2442-9147
![[thumbnail of editorjmst,+1425-Article+Text-8279-1-18-20220226-1_Revisi+Siti+Hadijah+(PUBLISH).pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
editorjmst,+1425-Article+Text-8279-1-18-20220226-1_Revisi+Siti+Hadijah+(PUBLISH).pdf
Restricted to Registered users only
Download (960kB) | Request a copy
Abstract
Suatu perusahaan outsourcing dengan masa kontrak kerja dapat berjalan dengan baik apabila perjanjian kerja yang telah dibuat klien dijalankan dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberlanjutan masa kontrak kerja adalah adanya komplain dari klien. Dengan meminimalisasi komplain klien, keberlanjutan kontrak kerja antara perusahaan outsourcing dan perusahaan klien semakin tinggi. Untuk itu, perusahaan outsourcing melakukan penugasan terhadap pekerja berdasarkan kemampuan masing-masing pekerja agar hasil pekerjaan menjadi optimal. Salah satu metode dalam menyelesaikan masalah penugasan adalah metode Hungarian dan aplikasi QM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisasi nilai komplain kebersihan dari klien kepada perusahaan outsourcing. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengurangan sebanyak 15 nilai komplain klien yang semula sebanyak 43 komplain menjadi 28 komplain terkait penyelesaian penugasan pekerja outsourcing dengan menggunakan metode Hungarian dan aplikasi QM.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hungarian, aplikasi QM, outsourcing |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 07:17 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/128 |