Asis, Muhammad Arfah and Ilmawan, Lutfi Budi and Jeffry and Aziz, Firman and Usman, Syahrul and Syam, Rahmat Fuadi (2023) ANALISIS APLIKASI PENGAJUAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (APP-SKPI) MENGGUNAKAN ISO/IEC 25010. JOURNAL PHARMACY AND APPLICATION OF COMPUTER SCIENCES, 1 (2). ISSN 2985-8593
27-Article Text-147-1-10-20230814.pdf
Download (403kB) | Preview
Abstract
Penerapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau diploma supplement merupakan amanat kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bagi setiap calon sarjana baru atau lulusan perguruan tinggi. SKPI memuat informasi prestasi dan kegiatan mahasiswa selama menjadi mahasiswa aktif di perguruan tinggi. Program studi Farmasi mengembangkan aplikasi untuk mengajukan SKPI yang disebut App-SKPI. Untuk membantu pengembangan aplikasi, telah dilakukan evaluasi dengan menggunakan model ISO 25010 untuk lima jenis kategori yaitu Functional Suitability, Performance Efficiency, Usability, Portability, dan Maintainability. Hasil pada kategori Functional Suitability, semua proses pada setiap fitur berjalan dengan baik dengan nilai 1 atau maksimal. Performance Efficiency, hasil kinerja dan struktur pada aplikasi mendapatkan Grade B dengan nilai kinerja 89% dan nilai struktural 91%. Usability, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem adalah 0,83. Portability, kemampuan adaptasi sistem pada browser yang berbeda mendapat nilai 1 atau maksimal. Maintainability, aplikasi dikembangkan dengan framework yang mendukung kemudahan perawatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diploma Supplement, SKPI, ISO 25010, Software Product Quality Model. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:08 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:08 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/176 |