Sifa’ul, Kumairoh and Atika, Nurani Ambarwati (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Mutu Pelayanan di Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kendal. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6 (8). 4184 -4193. ISSN 2656-4691
Full text not available from this repository.Abstract
Tercapainya suatu tingkat kepuasan terhadap kualitas mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien, baik mutu pelayanan kesehatan maupun sistem layanan kesehatan akan menjadi pilihan utama pasien yang datang ke Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas mutu pelayanan Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kendal. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (ServQual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Data diperoleh dari pembagian kuesioner kepada pasien rawat inap sebanyak 99 responden menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil rata-rata keseluruhan tingkat kenyataan dan tingkat harapan diperoleh tingkat kesesuaian sebesar 99,4% sehingga belum dapat dinyatakan memenuhi kepuasan pasien atau dapat dinyatakan bahwa kualitas mutu pelayanan yang diberikan Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kendal belum memuaskan karena tingkat kesesuaian masih dibawah 100%. Hal ini mengindikasikan diperlukannya perbaikan pelayanan guna memenuhi harapan pasien sehingga tercapainya kepuasan pasien rawat inap. Atribut yang menjadi prioritas Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kendal adalah ruang rawat inap tertata rapi dan bersih, termasuk kamar mandi (kuadran I). Hal ini diharapkan pihak manajemen Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kendal untuk serius dalam menangani atribut atau faktor tersebut dan dilakukan perbaikan karena banyak pasien yang merasa kurang puas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Patient Satisfaction, Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA) |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:04 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:04 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/309 |