Zada Almira Rahma, NIM: A1202101683 (2024) Analisis Kepuasan Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Di Puskesmas Bendan Kota Pekalongan Tahun 2024. Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Bab 1 Zada Almira Rahma A1202101683P.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 Zada Almira Rahma A1202101683P.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2029.
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text Zada Almira Rahma A1202101683L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Full Text Zada Almira Rahma A1202101683L.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2029.
Download (6MB)
![[thumbnail of Zada Almira Rahma - Safaat Yulianto, S.Si., M.Si.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Zada Almira Rahma - Safaat Yulianto, S.Si., M.Si.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2029.
Download (350kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Bendan, Kota Pekalongan dan mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebar kepada pasien rawat jalan. Analisis data menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu accidental time atau konsisten waktu diperoleh 60 responden. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien secara umum puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kenyamanan ruang pemeriksaan, kebersihan lingkungan, dan sikap petugas dalam melayani pasien. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pihak puskesmas melakukan perbaikan pada aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Importance Performance Analysis, Puskesmas, non probability sampling, layanan |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:47 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/321 |