PEMASARAN JASA

Syamsurijal, Hasan and Syifa, Awalia and Nikous, Soter Sihombing and Irma, Hakim (2022) PEMASARAN JASA. CV. Pena Persada, Banyumas. ISBN 978-623-455-000-9

[thumbnail of 3. Pemasaran Jasa.pdf] Text
3. Pemasaran Jasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran jasa secara khusus yakni pemasaran pada produk dalam bentuk jasa atau produk tidak berfisik pada dasarnya berbeda dengan pemasaran pada produk berfisik. Perlu dipahami teknik pemasaran jasa tentu tidak hanya harus dikuasai pemilik perusahaan, namun juga karyawan. Tidak sedikit yang justru kondisinya lebih ahli karyawannya, karena karyawan akan fokus pada satu jenis tugas dan cabang tugas yang masih berhubungan. Sementara pemilik apa yang dipikirkan punya cabang lebih banyak. Agar lebih mudah dan sukses dalam memasarkan jasa, maka kenali dulu apa itu pemasaran jasa dan segala unsur maupun aspek yang mempengaruhinya. Defenisi pemasaran jasa adalah suatu kegiatan yang dilakukan produsen atau distributor kepada konsumen untuk menawarkan suatu produk yang tidak dapat dilihat, dirasakan, didengar, dan diraba oleh konsumen tersebut namun bisa didapatkan dan dirasakan manfaatnya. Jasa yang disediakan pihak produsen sendiri merupakan segala bentuk aktivitas yang hasil atau output nya berupa kinerja yang akan diterima oleh konsumen. Dalam perusahaan yang bergerak di bidang jasa, perusahaan ini disebut juga sebagai penyedia jasa sedangkan konsumen disebut pengguna jasa. Jenis jasa yang disediakan beragam, dan semakin kesini layanan jasa ini sudah mengadopsi teknologi terkini. Misalnya saja jasa kebersihan, dimana saat ini pengguna jasa bisa memanggil atau memesan jasa kebersihan rumah atau kamar kost lewat aplikasi online. Jenis jasa yang berhubungan dengan aktivitas langsung dari penyedia jasa kemudian memiliki jenis yang beragam. Hal ini disesuaikan dengan keahlian si penyedia jasa dan penyedia jasa sendiri terinspirasi mengkomersilkan keahliannya karena adanya kebutuhan oleh masyarakat selaku pengguna jasa. Hal serupa juga berlaku untuk proses pemasaran suatu layanan atau jasa. Bagian pemasaran harus paham dulu layanannya seperti apa, supaya saat berhadapan dengan calon pengguna jasa

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: PERILAKU KONSUMEN, SEGMENTASI PASAR, MARKETING MIX, SISTEM INFORMASI KUALITAS JASA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:44
Last Modified: 17 Sep 2024 07:44
URI: https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item
View Item