SEGMENTASI KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL DEMOGRAFIS, GEOGRAFIS DAN PSIKOGRAFIS DI SWALAYAN ANEKA JAYA MANGKANG SEMARANG

Hijjah Wahid Fajar Irianti, Nur and Sulistijanti, Wellie (2020) SEGMENTASI KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL DEMOGRAFIS, GEOGRAFIS DAN PSIKOGRAFIS DI SWALAYAN ANEKA JAYA MANGKANG SEMARANG. Journal Applied Statistics and Data Mining, 1 (1). pp. 28-34. ISSN 2721-0332

Full text not available from this repository.

Abstract

Swalayan Aneka Jaya MangkangSemarangmerupakan sebuah usaha yang didirikan untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu pendukung keberhasilan suatu swalayan bergantung pada karakteristik konsumen. Jika keinginan para konsumen terpenuhi sesuai dengan yang diinginkan konsumen terhadap produk-produk yang disediakan maka dapat meningkatkan pendapatan swalayan. Permasalahan tersebut dapat terjawab dengan melakukan proses segmentasi pasar. Tahap pembentukan segmen dengan menggunakan metode analisis k-means klaster yang diterapkan dalam proses pembentukan karakteristik konsumen. Proses pengelompokan konsumen ke dalam masing-masing segmen yang ingin dibentuk, berdasarkan kemiripan karakteristik yang dimiliki dan dibentuk 3 segmen pasar konsumen yaitu konsumen dengan golongan ekonomi menengah ke atas, konsumen dengan golongan ekonomi menengah dan konsumen dengan golongan ekonomi menengah kebawah. Hasil dari proses segmentasi pasar di swalayan Aneka Jaya MangkangSemarangdiperoleh3 klaster, klaster 1 sebesar 24%, klaster 2 sebesar 35% dan klaster 3 sebesar 41%. Strategi pemasaran dapat diarahkan pada responden yang berjenis kelamin perempuan, dengan umur 31-40 tahun dan jarak tempat tinggal < 5 km karena memiliki jumlah klaster yang terbesar. Hasil tersebut dapat digunakan oleh pihak swalayan untuk menentukan strategi pemasaran.Adalah pembeli di swalayan Aneka Jaya Mangkang yang berusia 31-40 tahun sebesar 17%, yangberjenis kelamin perempuan sebesar41%, yang jumlah keluarganya 3 sampai 4 orang sebesar31%, yang berstatus kawin sebesar40%, yang berpenghasilan > Rp 1.000.000,-sebesar20%, yang mempunyaipekerjaan sebagai pegawai swasta sebesar 21%, yang pendidikan terakhirnya tamat SLTA sebesar 23%, yang jarak tempat tinggalnya < 5km dari lokasi swalayan Aneka Jaya Mangkang sebesar28%, yang memilih swalayan Aneka Jaya Mangkang sebagai tempat untuk berbelanja karena barang-barang yang tersedia lengkap dan baik sebesar 19%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakteristik, segmentasi pasar, analisis k-means cluster, konsumen
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:21
Last Modified: 30 Oct 2024 01:21
URI: https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item