Renaldi Sutisna, NIM: 201701559 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA AIS MUHAMMADIYAH SEMARANG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Diploma thesis, Institut Teknologi Statistika dan Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Bab 1 Sutisna Renaldi 201701559P.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 Sutisna Renaldi 201701559P.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2025.
Download (1MB)
![[thumbnail of Jurnal Tugas Akhir Sutisna Renaldi-Atika Nurani.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal Tugas Akhir Sutisna Renaldi-Atika Nurani.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2025.
Download (256kB)
![[thumbnail of Full Text Sutisna Renaldi 201701559L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Full Text Sutisna Renaldi 201701559L.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2025.
Download (6MB)
Abstract
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mahasiswa AIS Muhammadiyah Semarang dan faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar, untuk mencari solusi tersebut penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara variabel laten eksogen dengan variabel endogen sehingga penelitian ini menggunakan structural equation modeling (SEM). Structural Equation Modeling (SEM) merupakan analisis multivariate yang digunakan untuk menggambarkan hubungan linier secara simultan antara variabel yang dapat diukur secara langsung (indikator) danvariabel yang tidak dapat diukur secara langsung (variabel laten). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kusioner kepada Mahasiswa AIS Muhammadiyah Semarang sebanyak 77 Responden dan 36 pertanyaan pada kusioner yang berkaitan dengan cara belajar, fasilitas belajar, lingkungan belajar, dan motivasi belajar. Selanjutnya data dianalsis menggunakan Metode structural equation modeling. Dan diperoleh kesimpulan bahwa secara umum komposisi responden terdiri dari jumlah mahasiswa perempuan lebih banyak dari laki-laki. Dalam penelitian ini Motivasi Belajar dipengaruhi oleh cara belajar. Upaya pengoptimalan cara belajarmerupakan kunci penting untuk membangun Motivasi Belajar. Oleh karna itu, hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain, Cara Belajar dan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Belajar, Motivasi Belajar, dan SEM |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:17 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:17 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/379 |