Muhammad Hilmanudin, NIM: 201801590 (2021) PEMODELAN SISTEM ANTREAN DAN PENGUKURAN SISTEM LAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG (STUDI KASUS: SHELTER PEMBERANGKATAN BRT KORIDOR III). Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Artikel Hilman-Taswati-Pemodelan Sistem Antrean dan Pengukuran Layanan Sistem Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Hilman-Taswati-Pemodelan Sistem Antrean dan Pengukuran Layanan Sistem Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2026.
Download (273kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka HilmanudinM20180159021L-43-59.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka HilmanudinM20180159021L-43-59.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2026.
Download (777kB)
![[thumbnail of Bab 1 HilmanudinM20180159021L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 HilmanudinM20180159021L.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2026.
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text Muhammad Hilmanudin 201801590L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Full Text Muhammad Hilmanudin 201801590L.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2026.
Download (7MB)
Abstract
Salah satu sistem antrean yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu sistem pelayanan transportasi, contohnya yaitu antrean pada shelter pemberangkatan koridor III Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Koridor III mempunyai dua shelter pemberangkatan, yaitu Shelter Elisabeth dan shelter Simpang Lima. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, waktu berhenti BRT pada shelter pemberangkatan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan shelter biasa. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya antrean pada shelter pemberangkatan. Antrean tersebut dapat menghambat waktu kedatangan BRT pada shelter yang lain, sehingga penerapan teori antrean sangat diperlukan untuk mengetahui efektifitas operasional pada shelter pemberangkatan tersebut. Model antrean yang dihasilkan yaitu model antrean Non-Poisson, model antrean untuk Shelter Elisabeth yang diperoleh (Uniform/GEV/1):(GD/∞/∞), dan Shelter Simpang Lima untuk model yangdiperoleh (Uniform/GEV/1):(GD/∞/∞). Berdasarkan nilai dari ukuran kinerja sistem antrean yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kedua shelter pemberangkatan koridor III BRT Trans Semarang memiliki kondisi yang belum optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generalized Extreme Value, Model Antrean, Ukuran Kinerja Sistem, Uniform |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:15 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 06:39 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/46 |