Hasfi Ghulam Zikron, NIM: 201801581 (2021) Analisis Teori Antrian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.513.04 Boja. Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Artikel Hasfi-Taswati-Analisis Teori Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.513.04 Boja.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Hasfi-Taswati-Analisis Teori Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.513.04 Boja.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2026.
Download (540kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka zikronhg20180158121L-39-93.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka zikronhg20180158121L-39-93.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2026.
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab 1 zikronhg20180158121L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 zikronhg20180158121L.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2026.
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text HASFI GHULAM ZIKRON 201801581L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Full Text HASFI GHULAM ZIKRON 201801581L.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2026.
Download (11MB)
Abstract
Saat ini infrastruktur di Indonesia belum memadai seiring dengan bertambahnya populasi penduduknya, sehingga antrian sudah menjadi bagian dari pengalaman kehidupan manusia sehari-hari. Antrian terjadi karena banyaknya pelanggan yang ingin dilayani sedangkan jumlah pelayanan sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui model sistem antrian, rata-rata jumlah pelanggan, dan rata-rata waktu pelanggan menunggu dalam antrian untuk pelayanan pengisian bahan bakar jenis pertamax di pagi hari. SPBU 44.513.04 Boja adalah perusahaan mitra PT. Pertamina yang bergerak dalam bidang pendistribusian atau jasa penyaluran bahan bakar minyak untuk masyarakat luas. Data yang digunakan adalah data primer. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 7-13 April 2021 pukul 07.00-09.00 WIB. Data yang diambil meliputi waktu kedatangan pelanggan, waktu pelanggan mulai dilayani, dan waktu pelanggan selesai dilayani. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan beberapa langkah yaitu: menentukan ukuran steady-state, menentukan uji kecocokan distribusi Poisson dan Eksponensial, menentukan model antrian, menentukan ukuran kinerja sistem, dan menentukan jumlah server pelayanan yang ideal. Berdasarkan hasil pengamatan SPBU Boja menyediakan bahan bakar jenis pertamax untuk melayani pengisian bahan bakar kendaraan sepeda motor di pagi hari. Pelayanan dibagi menjadi 2 jalur dengan 1 petugas pelayanan di setiap jalurnya. Sehingga sistem antrian sepeda motor pada SPBU 44.513.04 Boja untuk masing-masing jalur 1 dan jalur 2 mengikuti model antrian general yaitu (G/G/1):(FIFO/∞/∞) dengan hasil perhitungan pada pelayanan jalur 1 Ls= 0,3637 pelanggan, Lq= 0,0,00000511 pelanggan, Ws= 0,000758/jam, Wq= 0,000000106/jam sedangkan perhitungan pada pelayanan jalur 2 yaitu Ls= 0,4546 pelanggan, Lq= 0,000009141 pelanggan, Ws= 0,0009093/jam, Wq= 0,0000001828/jam. Dan diperoleh keadaan Steady-State karena ρ < 1 maka pelayanan pertamax pada kedua jalur dengan masing-masing 1 petugas pelayanan sudah ideal. Sehingga tidak memerlukan petugas tambahan pada server pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Pelayanan, SPBU 44.513.04 Boja |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:43 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/49 |