Analisis Sistem Antrian Pendaftaran dan Optimalisasi Pelayanan Pada Loket 3 di RSUD Tugurejo Semarang

Rahayu Ahadiati Putri, NIM: Rahayu Ahadiati Putri (2019) Analisis Sistem Antrian Pendaftaran dan Optimalisasi Pelayanan Pada Loket 3 di RSUD Tugurejo Semarang. Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.

[thumbnail of Artikel Rahayu-Wellie Sulistijanti-Analisis Sistem Antrian Pendaftaran dan Optimalisasi Pela_20190916101448.pdf] Text
Artikel Rahayu-Wellie Sulistijanti-Analisis Sistem Antrian Pendaftaran dan Optimalisasi Pela_20190916101448.pdf
Restricted to Registered users only until 9 September 2025.

Download (468kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka TUGAS AKHIR-38-45.pdf] Text
Daftar Pustaka TUGAS AKHIR-38-45.pdf
Restricted to Registered users only until 9 September 2025.

Download (770kB)
[thumbnail of Bab 1 TUGAS AKHIR-1-14_page-0002.pdf] Text
Bab 1 TUGAS AKHIR-1-14_page-0002.pdf
Restricted to Registered users only until 9 September 2025.

Download (1MB)

Abstract

Antrian pada umumnya terjadi di manapun ketika masyarakat atau barang yang sedang menunggu giliran dalam mendapatkan suatu pelayanan atau proses antrian yang di mulai dari kedatangan pada suatu fasilitas pelayanan kemudian menunggu dan dapat meninggalkan apabila sudah dilayani. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan metode antrian. Dimana tujuan utama dari metode antrian adalah meminimalisasi sekaligus dua jenis biaya, yaitu biaya langsung untuk menyediakan pelayanan dan biaya individu yang menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Penelitian ini meliputi beberapa tahap penelitian yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Dimana data yang digunakan adalah data primer yang diambil langsung pada tanggal 22-26 Juli 2019 mulai pukul 07:10-10:00 WIB. Dengan variabel yang digunakan adalah waktu antar kedatangan dan waktu lama pelayanan. Kemudian data dianalisis menggunakan beberapa langkah yaitu: analisis deskriptif, menentukan ukuran steady-state, melakukan uji kecocokan distribusi, menentukan model sistem antrian, menentukan ukuran-ukuran kinerja sistem dengan tujuan untuk optimalisasi jumlah loket yang ideal. Berdasarkan pengamatan model sistem antrian yang digunakan adalah model general dari antrian jalur tunggal (M/M/1) dan struktur antrian yang digunakan adalah single channel-single phase atau antrian dengan jalur tunggal dan pelayanan tunggal. Dimana perhitungan dari ukuran kinerja sistem dengan 1 loket yaitu: Jumlah rata-rata individu dalam antrian (Lq) = 0,817 pasien per detik, jumlah rata-rata individu dalam sistem (Ls) = 1,400 pasien per detik, rata-rata waktu tunggu individu dalam antrian (Wq) = 0,060menit, rata-rata waktu tunggu individu dalam sistem (Ws)=0,103, dan diperoleh keadaan steady-state yaitu ρ= 0,583. Karena nilai ρ < 1 dapat diketahui bahwa rata-rata kedatangan pelayanan tidak melebihi kapasitas kecepatan pelayanan. Dan jumlah loket pada pendaftaran Pada Loket 3 di RSUD Tugurejo Semarang sudah ideal dan sudah optimal yaitu dengan satu loket saja, sehingga tidak perlu ada penambahan loket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Antrian, Optimalisasi, Pendaftaran pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:23
Last Modified: 16 Jul 2024 01:41
URI: https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item