Safira Puspaningrum, NIM: 201601526 (2019) Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Akademi Statistika (AIS) Muhammadiyah Semarang Dengan Menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.
![[thumbnail of Artikel Safira - Atika - Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepu_20190927103708 (1).pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Safira - Atika - Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepu_20190927103708 (1).pdf
Restricted to Registered users only until 11 September 2025.
Download (308kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka puspaningrums201601526L-46-54.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka puspaningrums201601526L-46-54.pdf
Restricted to Registered users only until 11 September 2025.
Download (375kB)
![[thumbnail of Bab 1 puspaningrums201601526L.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 puspaningrums201601526L.pdf
Restricted to Registered users only until 11 September 2025.
Download (1MB)
Abstract
Untuk menarik minat mahasiswa masuk dalam sebuah perguruan tinggi adalah dengan memberikan pelayanan yang dapat memuaskan mahasiswa. Dimana pelayanan dikatakan memuaskan jika layanan yang dirasakan sama atau melebihi kualitas layanan yang diharapkan. Pelayanan yang seperti inilah yang dipersepsikan sebagai pelayanan berkualitas dan ideal. Untuk mengatasi mencari solusi tersebut penelitian ini menggunakan STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM). Structural Equation Modelling (SEM) merupakan metode analisis multivariat yang digunakan untuk menggambarkan hubungan linear secara simultan antara variabel yang dapat diukur secara langsung (indikator) dan variabel yang tidak dapat diukur secara langsung (variabel laten). Dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang sebanyak 107 mahasiwa dan 48 pertanyaan pada kuesionernya yang berkaitan dengan pembelajaran, kualitias pelayanan, kepuasan mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa. Selanjutnya data dianalisis sesuai dengan metode yang digunakan yaitu STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM). Dan diperoleh kesimpulan bahwa secara umum komposisi responden terdiri dari jumlah mahasiwa perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Dalam penelitian ini, kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh variabel pembelajaran dan kualitas pelayanan. Upaya mengoptimalkan peran pembelajaran dan kualitas pelayanan merupakan kunci penting untuk membangun loyalitas mahasiswa. Oleh karena itu, hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain, pembelajaran, kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kepuasan & Loyalitas, Mahasiswa, Structural Equation Modelling (SEM) |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 03:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:59 |
URI: | https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/75 |