ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE PADA E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM-PLS (Studi Kasus pada Mahasiswa DIII Statistika Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang)

Ilham Bagus Saputra, NIM : 201901594 (2022) ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE PADA E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM-PLS (Studi Kasus pada Mahasiswa DIII Statistika Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang). Diploma thesis, ITESA Muhammadiyah Semarang.

[thumbnail of Artikel Ilham Bagus Saputra - Atika Nurani - Analisis Perilaku Belanja Online Pada Ecommerce dengan Menggunakan Metode SEM-PLS.pdf] Text
Artikel Ilham Bagus Saputra - Atika Nurani - Analisis Perilaku Belanja Online Pada Ecommerce dengan Menggunakan Metode SEM-PLS.pdf
Restricted to Registered users only until 24 March 2027.

Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka saputraib20190159422L-53-84.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka saputraib20190159422L-53-84.pdf

Download (959kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 saputraib20190159422P.pdf] Text
Bab 1 saputraib20190159422P.pdf
Restricted to Registered users only until 24 March 2027.

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text saputraib20190159422L.pdf] Text
Full Text saputraib20190159422L.pdf
Restricted to Registered users only until 24 March 2027.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang sangat pesat ditandai dengan penggunaan internet yang meningkat. Salah satu alasan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet adalah untuk melakukan belanja online. Tingginya tingkat penggunaan akses jual beli online di Indonesia menyebabkan munculnya banyak e-commerce. E-commerce adalah penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan computer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruh perilaku belanja online mahasiswa Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang. Responden pada penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa aktif Institut Teknologi Statistika dan Bisnis Muhammadiyah Semarang yang pernah berbelanja online. Faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi perilaku belanja online mahasiswa yaitu kepercayaan, kemudahan, kualitas layanan, promosi, pengaruh sosial, dan kenyamanan terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis SEM-PLS disimpulkan bahwa faktor kenyamanan dan promosi signifikan terhadap keputusan berbelanja online mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Perilaku Belanja, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:50
Last Modified: 19 Jul 2024 07:04
URI: https://repository.itesa.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item